Sabtu, 24 Mei 2014

Apakah heartburn (maag)

Baru tau setelah baca buku, ternyata yag dimaksud heartburn adalah maag, hahaha.
Lagi baca buku yang gak sengaja nemu di kontrakan temen, eh menarik, lanjut baca deh.
Nah ini tentang maag, penyebab dan cara mengatasinya, gak dalem2 lah ngebahas disini, kalo mau tau lebih banyak, beli aja bukunya :p

Berikut ini kutipan dari buku"The Miracle of Enzym", karya Hiromi Shinya, MD.
Halaman 69 ---> beneran 69, bukan 69 istilah sex ya, hahhaha

"
Heartburn terjadi jika asam lambung mengalirnaik kembali ke kerongkongan. Kerongkongan rentan terhadap asam karena biasanya lingkungan itu bersifat basa. Oleh karena itu, jika asam lambung terkumpul di dalam kerongkongan, secara tidak sadar orang-orang menelan air liur mereka yang bersifat basa, untuk menurunkan asam lambung yang mengalir naik. Namun, jika Anda makan terlalu banyak atau mengalami kesulitan mencerna, sehingga menyebabkan asam membengkak dan menjadi sulit untuk mendorong asam itu turun dengan air liur, hal ini menimbulkan luka-luka seperti lecet yang disebut erosi pada kerongkongan. Dalam keadaan seperti itu, jika asam lambung mengalir naik ke dalam kerongkongan, yang terjadi bagaikan menuang alkohol ke atas luka, dan menyebabkan gejala-gejala rasa sakit dan ketidaknyamanan yang secara umum dikenal sebagai heartburn. Dan rasa lega yang Anda rasakan setelah meminum antasida disebabkan oleh ditekannya sekresi asam lambung lebih lanjut.
Dengan kata lain, untuk mencegak heartburn, yang harus Anda lakukan hanyalah mencegah apa yang ada di dalam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Dan untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus menahan diri untuk tidak terlalu banyak makan dan minum, serta mengurangi rokok, alkohol, dan kopi. Satu hal penting lain untuk diingat adalah menyelesaikan makan malam empat atau lima jam sebelum pergi tidur sehingga lambung Anda kosong saat Anda pergi tidur.
"

Btw, antasida itu maksudnya obat maag, kayak pr*mag, m*lanta dan sebagainya :D

Beguna banget ini, makanya gw tulis, he he he


Tidak ada komentar:

Posting Komentar