Rabu, 15 Juni 2011

Apakah artinya jika MINYAK REM berkurang?

Kemaren saya habis service di bengkel resmi yamaha, berhubung motor saya VIXION, jadi gak sembarangan cari bengkel dong hehe.

Saat diservis, keluhan saya adalah kenapa kok rem depan saya gak enak, gak pakem.
Oh iya, rem depan motor vixion saya ini adalah rem cakram, ini penampakan rem cakram:
gambar diambil dari:  http://rhyu-220904.blogspot.com/2011/04/mengganti-minyak-rem-pada-sepeda-motor.html

Pas diperiksa, ternyata rem gak pakem ini disebabkan karena kampas rem nya udah tipis!!
Oh, ternyata bukan karena kurang minyak rem.
soalnya, saya melihat minyak remnya sudah berkurang.
disini nih ngeliat apakah minyak rem berkurang atau tidak:
gambar diambil dari: http://sgharjono.blogspot.com/2009/02/seputar-minyak-rem.html

setelah tanya-tanya sama mekaniknya, ternyata minyak rem berkurang terjadi hanya jika ada kebocoran saja! kalo gak bocor, seharusnya minyak rem itu gak akan berkurang.
nah, dalam kasus saya ini, minyak rem berkurang karena kampas rem sudah tipis, sehingga minyak remnya jadi turun, bukan berkurang.

Intinya:
kalo udah ngeliat minyak rem berkurang, segera ambil tindakan!
periksa apakah berkurang karena adanya kebocoran atau karena kampas remnya tipis.
saya baru tau masalah ini kemaren, sehingga kampas rem saya yang tipis sudah lama gak diganti, menyebabkan cakram saya jadi kemakan beberapa milimeter!
padahal kan ganti cakram lebih mahal dibandingkan harus ganti kampas rem.

hal ini akan saya ingat selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar